Sunday, March 25, 2012

Bagaimana Mempercantik Tampilan Blog

Untuk Mempercantik Tampilan Blog Sebenarnya tidak perlu menjadi ahli koding jika ingin mengutak-atik template blog. Yang diperlukan adalah pengetahuan dasar tentang html dan css. Saya rasa pengetahuan tentang keduanya saja sudah cukup untuk memulai eksperimen dengan template blogger.

Di sini saya akan coba tunjukkan beberapa hack sederhana pada blog untuk menambah fungsionalitas blog dan sekaligus memberi tampilan yang lebih baik.
 

1. Social Bookmark Button
Social bookmark memudahkan pengguna internet untuk menyebarluaskan informasi lewat web social bookmark, seperti like Facebook atau tweet Twitter. Keuntungannya adalah semakin tersebarlah info dari blog kita dan tentu saja menarik banyak minat pembaca. Ada tiga widget yang bisa dicoba, yaitu AddThis, Floating Social Media Button, dan share button standar dari Blogger.  AddThis button bisa didapatkan secara gratis di addthis.com. Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa mendapat kode untuk memasang share social bookmark di blog kamu. Tampilan yang akan didapat akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
 
addthis social bokomark widget

Jika ingin kodenya, tinggal klik Get AddThis dan secara otomatis akan dibawa ke halaman selanjutnya dan tinggal copy-paste kodenya. Silakan menuju web AddThis di sini untuk mendapatkan widget keren ini.


2. Related Post dengan Thumbnail 
Related post adalah posting/artikel di blog yang memiliki label yang paling mirip dengan artikel yang sedang dibaca sekarang. Tujuannya untuk memberikan rekomendasi artikel lain untuk dibaca.

Related post memiliki kelebihan bagi blogger karena blog bisa menyarankan artikel yang memiliki tema yang mirip, karena mungkin hal ini akan mendorong pembaca untuk membaca artikel yang direkomendasikan itu.

Related post dengan thumbnail berarti daftar related post itu dilengkapi dengan thumbnail gambar yang ada di artikel yang disarankan.

Tentang artikel saya mengenai Related Post selengkapnya klik disini

3. Hack Label dan Archive Link
Jika kita menyediakan label untuk memudahkan pembaca mencari artikel dengan label tertentu, jika label ini di-klik, maka yang muncul adalah semua artikel dengan label yang dipilih.


4. Memberi highlight pada posting
Highlight yang dimaksud adalah penanda supaya mudah dibaca oleh pembaca blog, karena mungkin ada beberapa kalimat yang ingin kita tekankan.

5. Memasang SyntaxHighlighter pada blogger 
SyntaxHighlighter adalah open source code by Alex Gorbatchev untuk memberi tampilan menarik pada potongan kode-kode pada blog. Kode-kode ini bisa kode apa saja, misalnya c++, c, html, css, dll...

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment