Tuesday, March 6, 2012

Gara-gara Template dituntut 2 Milyar Rupiah

Bagi para Blogger harap hati-hati....
Sekitar bulan november lalu, okezone memberitakan bahwa facebook menuntut seorang blogger asal indonesia bernama Ainun Najib sebesar 2 milyar rupiah. Facebook menuntutnya karena si blogger telah membuat template yang tampilannya mirip dengan situs facebook lalu membagikannya secara gratis.

2 milyar rupiah tentu bukan jumlah yang banyak untuk pihak facebook. Pendapatannya tahun 2010 saja diperkirakan sebesar 2 milliar dollar. Sedangkan tahun 2011 sekitar 5 milliar dollar. Tapi kenapa mereka menuntut blogger yang cuma membuat template yang tampilannya mirip dengan situs mereka?

Tapi yang jelas, ini semua bisa jadi pelajaran buat kita. Siapa tahu, suatu saat kita yang bakal mengalaminya, tapi jangan lah 2 milyar kan besar sekali. Nah, daripada repot dituntut 2 milyar, sebaiknya kita jaga-jaga dari sekarang. Apa yang bisa kita lakukan?

1. Buat yang jago main kode HTML, jangan membuat template blog yang tampilannya mirip dengan situs-situs besar seperti facebook, G+, twitter, youtube, dan kawan-kawan. Omong-omong, ada yang tau ngga sekarang saya pakai template yang tampilannya mirip situs apa?

2. Jangan menghapus link credit. Itu adalah salah satu apresiasi kita kepada si pembuat template yang telah capek-capek mau membagikan template-nya secara gratis. Jikalau facebook yang udah kaya raya aja masih bisa main tuntut, gimana para pembuat template yang duitnya masih jauh dibawah facebook?

3. Buat yang tidak mau ada credit link ditemplatenya, tapi pengen tetep tampilan yang keren, pakai aja template designer-nya. Sekian.

Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran kita semua dan hidup blogger Indonesia....

Sumber : techno.okezone.com

Artikel Terkait :



0 comments:

Post a Comment